KELAS 9

MATERI PRAKTIKUM KELAS IX

Disusun Oleh : Ipat Latipah S.Pd

PRAKTIKUM-1

Judul : PARU – PARU SEBAGAI ALAT EKSKRESI

Tujuan : Mengetahui zat yang dikeluarkan dari paru-paru Alat dan Bahan : 1. tabung reaksi 2. sedotan 3. air kapur 4. kaca Pertanyaan :

  1. Perubahan apakah yang terjadi pada air kapur setelah ditiup !
  2. Apakah yang menyebabkan perubahan tersebut ?
  3. Perubahan apakah yang terjadi pada kaca, setelah kamu hembuskan nafasmu ke permukaan kaca ?
  4. Apakah yang menyebabkan perubahan tersebut ?
  5. Buatlah kesimpulan dari hasil percobaanmu dan presentasikan di depan kelas!

 

PRAKTIKUM-2

Judul : UJI KANDUNGAN MAKANAN

Tujuan : Mengetahui perbedaan adanya kandungan amilum, glukosa, lemak dan protein dalam bahan makanan. Alat dan Bahan : 1. bunsen 7. pipet tetes 2. tabung reaksi 8. larutan iodine / larutan lugol 3. mortar / lumpang 9. larutan biuret (CuSO4) 4. tepung terigu 10. larutan benedict 5. sirup merah 11. nasi 6. sirup hijau 12. minyak sayur 7. extrak daging 13. mentega 8. telur Tabel Pengamatan

Tabung reaksi Bahan makanan Reagen Warna sebelum reaksi Warna sesudah reaksi Kandungan bahan makanan
I Tepung terigu Iodine/ lugol
II Nasi Iodine/lugol
III Sirup merah Benedict
IV Sirup hijau Benedict
V Ekstrak daging Biuret (CuSO4)
VI Putih telur Biuret (CuSO4)
VII Minyak sayur
VIII Mentega

1. Apakah fungsi reagen pada percobaan di atas ? 2. Bahan makanan apa saja yang memberikan hasil positif pada percobaan di atas ? 3. Buatlah kesimpulan dari percobaan tersebut dan presentasikan di depan kelas !

 

PRAKTIKUM-3

Judul : GERAK REFLEKS

Tujuan : Membuktikan terjadinya gerak refleks Alat dan Bahan : 1. palu karet 2. es batu 3. lampu senter 4. kantong plastic Cara Kerja : 1. Masukkan es batu ke dalam kantong plastik, kemudian tempelkan kantong tersebut ke pipi temanmu. a. Amati dan catat reaksi yang terjadi pada temanmu ! b. Apakah reaksi yang terjadi pada temanmu tersebut disadari ? Tanyakan pada temanmu dan catat ! 2. Pukullah lutut temanmu dengan menggunakan palu karet ( lakukan dengan hati-hati, jangan terlalu keras ). a. Amati dan catat reaksi yang terjadi pada temanmu ! b. Sadarkan temanmu melakukan reaksi tersebut ? Catat. 3. Duduklah berhadapan dengan temanmu, dan perhatikan pupil matanya, kemudian nyalakan lampu senter dan arahkan ke matanya. a. Amati perubahan pada pupil mata temanmu, catatlah ! b. Apakah temanmu menyadari akan reksi yang terjadi ? Catat. c. Buatlah kesimpulan dari ketiga hasil percobaan tersebut! d. Berikan contoh-contoh lain tentang peristiwa sehari-hari yang menunjukkan gerak refleks !

PRAKTIKUM-4

Judul : KULIT SEBAGAI INDERA PERABA

Tujuan : Menguji bagian-bagian kulit yang peka terhadap sentuhan Alat dan Bahan : 1. saputangan sebagai penutup mata 2. karton 3. jarum pentul ( 3 buah) 4. spidol / bolpoin Cara Kerja :

  1. Siapkan alat-alat sebagai berikut !
    1. Karton dengan 1 jarum ( lihat gambar 1).
    2. Karton dengan 2 jarum yang kedua jarum berjarak 0.5 cm ( gambar 2 ).
    3. Berikan tanda pada tangan temanmu seperti gambar 3, dengan menggunakan balpoin / spidol.

A. Tutup mata temanmu dengan menggunakan saputangan. B. Sentuhlah secara perlahan-lahan bagian jari yang berhuruf A, dengan karton yang berjarum 1, kemudian yang berjarum 2, atau sebaliknya. C. Tanyakan pada temanmu, apakan dia merasakan sentuhan berjarum 1 atau berjarum 2 pada saat disentuh ! Catatlah hasil pada tabel tiap-tiap kelompok!

  1. Ulangi kegiatan ini untuk bagian-bagian jari yang berhuruf B, C, D, dan E.
  2. Catat, untuk selanjutnya lakukan bergantian dengan temanmu.
Nama siswa Posisi tangan Dapat merasakan satu jarum Dapat merasakan dua jarum
1. A
B
C
D
E
2. A
B
C
D
E
3. A
B
C
D
E
  1. Buatlah kesimpulan dan presentasikan di depan kelas !

 

PRAKTIKUM-5

Judul : KAITAN SELEKSI ALAM DAN ADAPTASI

Tujuan : Mempelajari seleksi alam dan kaitannya dengan adaptasi Alat dan Bahan : 1. kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah masing-masing 25 biji 2. selembar karton manila berwarna hijau atau merah 3. stopwatch / jam Catatan : Berbagai bentuk, struktur, atau jenis warna makhluk hidup membantu mereka tersamar di dalam lingkungannya. Biji kacang yang bermacam-macam dianalogikan sebagai hewan. Karton manila sebagai alas dianalogian sebagai lingkungan. Pertanyaan : 1. Jenis kacang apa yang paling banyak terambil ? Mengapa, jelaskan ! 2. Jenis kacang apa yang paling sedikit terambil ? Mengapa, jelaskan ! 3. Siswa yang mengambil biji kacang yang tersebar pada karton dianalogikan sebagai apa ? 4. Buatlah kesimpulan dari kegiatan tersebut dan presentasikan !

PRAKTIKUM-6

Judul : ALAT PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN BIJI

Tujuan : Mengamati alat perkembangbiakan pada beberapa tumbuhan biji yang ada di sekitar rumahmu atau halaman sekolah. Alat dan Bahan : 1. pisau atau silet 2. kaca pembesar 3. berbagai bunga tumbuhan biji 4. kembang sepatu, bunga matahari dan bunga kamboja Pertanyaan : 1. Apakah semua bunga yang kamu amati mempunyai kelengkapan bunga yang sama ? 2. Apakah ciri-ciri bunga lengkap ? 3. Apakah ciri-ciri bunga sempurna ? 4. Bagian manakah yang berperan sebagai alat perkembangbiakan ? 5. Buat kesimpulan dari hasil percobaan tersebut dan presentasikan !

PRAKTIKUM-7

Judul : BERKAS PEMBULUH PADA TUMBUHAN

Tujuan : Mengetahui perbedaan berkas pembuluh batang, akar pada tumbuhan dikotil dan monokotil. Alat dan Bahan : 1. Preparat jadi (awetan) penampang melintang batang dikotil dan monokotil 2. mikroskop Tabel pengamatan

No Pembeda Dikotil Monokotil
1
2
3
4
5
6
7
8

PRAKTIKUM-8

Judul : PERKEMBANGBIAKAN PADA UNGGAS

Tujuan : Mengamati bagian-bagian telur pada burung dan unggas Alat dan Bahan : 1. lup 5. telur ayam 2. cawan petri 6. telur burung 3. pinset 7. pensil warna / cryon 4. tissue Cara Kerja : 1. Bukalah kedua telur tersebut dan letakkan pada cawan petri yang telah tersedia.

2. Amati dengan menggunakan lup dan buatlah gambarnya, warnai gambar sesuai dengan pengamatan !

PRAKTIKUM-9

Judul : MEMBUAT ADONAN ROTI

Tujuan : Mengamati cara yeast (khamir) membuat adonan roti mengembang Alat dan Bahan : 1. tepung terigu 6. penganduk 2. gula 7. stopwatch/jam 3. sepotong roti 8. gelas beker 250 ml 4. larutan yeast (khamir) 9. gelas ukur 25 cm3 5. timbangan 10. gelas ukur 250 cm3 Pertanyaan : 1. Apakah yang menyebabkan adonan mengembang ? 2. Mengapa adonan ditambah dengan gula ? 3. Apakah yang dibuat oleh khamir dengan gula ? 4. Apakah tanda yang terlihat pada sepotong roti yang menunjukkan bahwa khamir menghasilkan gas ? 5. Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan tersebut dan presentasikan!

PRAKTIKUM-10

Judul : MEMBUAT YOGHURT

Tujuan : Mengetahui cara membuat yoghurt sederhana. Alat dan Bahan : 1. yoghurt 7. dua gelas beker 250 ml 2. susu kemasan 8. spidol 3. sendok teh 9. kasa 4. pelindung mata 10. pembakar bunsen 5. pengaduk 11. kaki tiga 6. ayakan Catatan : Gunakkan pelindung mata. Jangan mencicipi yogurt yang kamu buat ! Tabel pengamatan

Gelas beker Isi Setelah 1 – 2 hari
A Susu dan yoghurt yang dipanaskan
B Susu dan yoghurt yang tidak dipanaskan

Pertanyaan :

  1. Apakah yang rusak saat yoghurt dipanaskan ?
  2. Mengapa gelas beker harus ditutup ?
  3. Gelas beker manakah yang menghasilkan zat seperti yoghurt ?
  4. Apakah yang mengubah susu menjadi yoghurt ?
  5. Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan tersebut

 

Lembar Kerja Baru

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PRAKTIKUM-1

Judul : SISTEM GERAK

Tujuan                                      : Mengamati zat penyusun tulang Alat dan Bahan                     : 1. 2 buah cawan petri 2. 2 buah gelas bejana 3. Air dan alcohol 70% 4. Pinset 5. Dua buah tulang paha ayam   Cara Kerja :

  1. Bersihkan tulang dada dan paha dari sisa daging.
  2. Amati bentuk, kekerasan dan rongga di dalamnya.
  3. Gambarlah kedua tulang tersebut pada kolom gambar.
  4. Masukkan masing-masing tulang ke dalam gelas bejana A dan B
  5. Tuangkan air ke dalam bejana A dan alcohol 70% ke dalam bejana B hingga tulang terendam.
  6. Tutup dan biarkan selama 30 menit.
  7. Amati perubahan warna yang terjadi di dalam bejana.
  8. Angkat kedua tulang dengan menggunakan pinset dan letakkan di cawan petri.
  9. Catat hasil percobaan pada table di bawah ini.

Gambar hasil pengamatan :

No Bejana Keadaan akhir Larutan Keadaan akhir Tulang

Pertanyaan : 1.       Bagaimana keadaan tulang pada kedua bejana setelah akhir percobaan ? Jelaskan ! ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….….. 2.       Bagaimana keadaan larutan pada kedua bejana setelah percobaan ? Mengapa demikian ? …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………..…………………………………… 3.       Apa fungsi Alkohol di Bejana B ? …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………………………………….. 4.       Zat apa yang tersisa di bejana B ? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… 5.       Buat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan dan presentasikan di depan kelas ! ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Responses

  1. hemm ada jawabanya gg..??

    • jwaban yg praktikum 1,
      yg jdul.y sistem gerak ,, mngamati zat pnyusun tlang,,

      • Pada bejana A setelah perlakuan larutan dalam bejana berubah keruh dan kental, berbau sangat busuk, kondisi tulang tetap keras dan kusam.
        Pada bejana B setelah perlakuan larutan dalam bejana tidak terlalu keruh, bau tidak terlalu menyengat, bagian dalam tulang terurai, tulang bersih dan putih, terdapat serpihan kasar pada dasar bejana yg berasal dr tulang yg merupakan zat penyusun dan pembentuk tulang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: