KELAS 7

MATERI PRAKTIKUM KELAS VII

Disusun Oleh : Ipat Latipah S.Pd

PRAKTIKUM-1

JuduL                                    : MENGAMATI ORGAN TUBUH TUMBUHAN

Tujuan                                  : Melakukan pengamatan kualitatif dan kuantitatif dengan benar

Alat dan Bahan          : 1. Pot bunga

2. Tanaman budidaya (contoh : tomat atau cabe)

3. mistar

4. neraca

Cara Kerja :

  1. Bekerjalah dalam kelompok secara kooperatif.
  2. Lakukan pengamatan dan kumpulkan informasi tanaman tersebut sebanyak-banyaknya.
  3. Pengamatan kualitatif :
    1. Amati bagian-bagian organ tumbuhan tersebut.
    2. Deskripsikan ciri-ciri tiap organ tumbuhan tersebut.
    3. Catat hasil pengamatan berupa uraian penjelasan tentang ciri-ciri (tidak berupa angka / data kuantitatif).

TABEL PENGAMATAN

No

Nama Organ

Ciri-ciri

1

2

3

4

  1. Pengamatan kuantitatif :
    1. Lakukan pengukuran pada organ tumbuhan tersebut dengan alat ukur.
    2. Timbang seluruh tanaman setelah tanahnya dibuang.
    3. Amati beberapa daun kemudian ukur panjang dan lebarnya. Ukur pula panjang dan diameter batang utama. Timbang berat buah yang ada.
    4. Catat data hasil pengamatan berupa angka (data kuantitatif).

No

Nama organ

panjang

lebar

Berat

1

2

3

4

5

6

Pertanyaan :

  1. Buat kesimpulan tentang ciri-ciri organ tumbuhan yang diamati berdasarkan tabel pengamatan !

PRAKTIKUM-2

JuduL                                    : MENGAMATI PERUBAHAN

Tujuan                                   : Memahami proses perkecambahan biji kacang hijau.

Alat dan Bahan          : 1. Dua cawan petri / gelas aqua

2. kapas secukupnya

3. air

4. biji kacang hijau

Cara Kerja :

  1. Letakkan kapas pada kedua cawan Petri / gelas aqua.
  2. Basahi kapas pada salah satu wadah, dan biarkan kapas tetap kering pada wadah lainnya.
  3. Sebarkan biji kacang hijau pada masing-masing wadah.
  4. Lelakkan cawan Petri / gelas aqua yang sudah berisi biji kacang hijau di tempat yang tidak terkena cahaya / gelap.
  5. Amati setiap hari selama 1 pekan.

TABEL PENGAMATAN

Hari ke-

Perubahan yang terjadi

Ruang Gelap

Ruang Terang

1

2

3

4

5

6

Petanyaan :

  1. Faktor apakah yang berpengaruh terhadap proses perkecambahan biji kacang hijau di ruang gelap ?
  2. Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan presentasikan di depan kelas.

PRAKTIKUM-3

JuduL                                    : MEMBUAT PREPARAT  SAYATAN

Tujuan                                   : Melakukan pengamatan pada jaringan daun.

Alat dan Bahan          : 1. mikroskop                             5. air

2. kaca objek                            6. daun

3. pipet                          7. pisau/cutter tajam

4. gelas beker 100ml                 8. Alat gambar/pensil

5. pinsil warna

Cara Kerja :

  1. Ambilah selembar daun kemudian lakukan sayatan secara melintang dengan prosedur yang benar.
  2. Letakkan hasil sayatan pada gelas objek.
  3. Beri satu tetes air kemudian tutup dengan kaca penutup.
  4. Lakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop, kemudian gambar hasil pengamatanmu.

HASIL PENGAMATAN

Pertanyaan :

  1. Sebutkan bagian-bagian yang terdapat pada daun ?
  2. Berapa macam sel yang terdapat dalam jaringan daun hasil pengamatan tersebut, sebutkan ?
  3. Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan presentasikan di depan kelas.

PRAKTIKUM-4

JuduL                                    : ANATOMI IKAN

Tujuan                                   : Membuka dan mengamati bagian dalam tubuh ikan.

Alat dan Bahan          : 1. alat bedah

2. ikan segar

3. alat gambar/pensil

4. pensil warna

Cara Kerja :

1. Siapkan ikan segar pada baki pengamatan dan alat bedah.

2. Sayatlah dengan pisau bedah sepanjang sisi belakang tutup insang, dari gurat sisi ke arah belakang ataupun dengan arah sebaliknya.

3. Biarkan ikan terbuka hingga seluruh isi rongga tubuh tampak dari luar.

4. Lakukan pengamatan, gambarlah hasil pengamatan dan catatlah organ bagian dalam tubuh ikan tersebut.

Hasil pengamatan

Pertanyan :

  1. Sebutkan organ penyusun system pencernaan pada ikan!
  2. Berdasarkan hasil pengamatan apakah ada organ lain selain organ pencernaan ? jika ada sebutkan !
  3. Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan presentasikan di depan kelas.

PRAKTIKUM-5

JuduL                                    : SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

Tujuan                                   : Mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Alat dan Bahan          : 1. kaca objek    2. kaca penutup

3. mikroskop                 4. silet/cutter

5. tusuk gigi                   6. pinset

7. pipet tetes                  8. air

9. larutan lugol/eosin

10. preparat sel bawang merah

11. preparat sel epitelium pipi manusia

12. Alat gambar & pensil warna

Cara Kerja :

A. PREPARAT SEL BAWANG MERAH

1. Belahlah bawang merah setipis mungkin, kemudian ambil selapis umbi yang tipis dan transparan.

2. Letakkan pada kaca objek lalu tetesi dengan setetes air.

3. Tambahkan satu tetes larutan logol/eosin.

4. Tutup preparat dengan kaca penutup, usahakan jangan sampai terdapat gelembung udara dibawah kaca penutup.

5. Lakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop dan gambar hasilnya.

B. PREPARAT SEL PIPI

1. Kerok lapisan dalam pipimu secara hati-hati dengan menggunakan tusuk gigi.

2. Oleskan ujung tusuk gigi pada kaca objek.

3. Tetesi setetes air, kemudian tetesi dengan lugol.

4. Tutup preparat dengan kaca penutup, usahakan jangan sampai terdapat gelembung udara dibawah kaca penutup.

5. Lakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop dan gambar hasilnya.

Preparat sel bawang merah

Preparat sel epithelium pipi

Tabel pengamatan

Bagian sel

Sel bawang merah

Sel epithelium pipi

Selaput sel

Dinding sel

Plasma sel

Inti sel

Vakuola

Plastida

Pertanyaan :

  1. Apa perbedaan kedua sel tersebut berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan ?
  2. Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan presentasikan di depan kelas.

PRAKTIKUM-6

JuduL                                    : KESEIMBANGAN EKOSISTEM AIR TAWAR

Tujuan                                   : Memahami keseimbangan ekosistem air tawar.

Alat dan Bahan          : 1. empat wadah bening berukuran sedang.

2. empat karet gelang

3. empat plastik

4. sembilan batang hydrila

5. air

6. larutan brom thymol blue (BTB) 40cc

7. siput air

Cara Kerja :

  1. Beri keterangan pada masing-masing wadah yang digunakkan.
  2. Masukkan bahan-bahan berikut pada tiap wadah :

Wadah I : air dan 10 cc BTB

Wadah II : air, 10 cc BTB, 2-3 batang hydrila

Wadah III : air, 10 cc BTB, 2-3 batang hydrila dan 2 siput air

Wadah IV : air, 10 cc BTB, 2-3 batang hydrila dan 4 siput air

  1. Tutup tiap wadah dengan plastik kemudian ikat dengan karet gelang.
  2. Catat kondisi awal dan warna air di dalam setiap wadah.
  3. Letakkan keempat perangkat percobaan ditempat yang terkena sinar matahari.
  4. Amati perubahan warna yang terjadi pada larutan selama tiga hari, setiap pagi dan siang hari.

TABEL PENGAMATAN

No

Wadah

Warna larutan pada hari ke-

Keterangan

1

2

3

Pagi

Siang

Pagi

Siang

Pagi

Siang

1

I

2

II

3

III

4

IV

Pertanyaan :

  1. Mengapa perangkat percobaan harus diletakkan di tempat yang cukup terkena sinar matahari ?
  2. Bandingkan warna larutan dalam wadah (I dan II) serta (II dan IV)! Sebutkan perbedaannya dan jelaskan penyebabnya !
  3. Jelaskan peranan hydrila dan siput air dalam model ekosistem air tawar !
  4. Jelaskan perubahan yang terjadi pada tabung empat, mengapa demikian?
  5. Menurut pendapatmu, bagaimanakah sebaiknya peranan setiap komponen penyusun ekosistem ?
  6. Berdasarkan hasil pengamatan kesimpulan apakah yang dapat diambil dari percobaan tersebut ?

PRAKTIKUM-11

JuduL                           : PERSAMAAN DAN PEBEDAAN BENTUK DAN UKURAN DAUN DALAM SATU POHON

Tujuan                        : Menemukan persamaan dan perbedaan bentuk / ukuran daun dalam satu pohon.

Alat dan Bahan     : 1. daun dalam satu pohon sebanyak 10 lembar

2. penggaris

Cara Kerja :

  1. Ambilah daun dari satu jenis pohon sebanyak 10 lembar.
  2. Ukur panjang daun dalam millimeter dan catat hasilnya.

TABEL PENGAMATAN

Daun ke-

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Ukuran (mm)

Pertanyaan :

  1. Berapakan ukuran panjang daun yang paling besar ?
  2. Berapakah ukuran daun yang paling kecil ?
  3. Apakah persamaan dan perbedaan bentuk daun yang kamu amati, jelaskan ?
  4. Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan presentasikan di depan kelas.

PRAKTIKUM-8

JuduL                                  :  PENGARUH PENCEMARAN DETERJEN TERHADAP IKAN

Tujuan                                 :  Mengetahui pengaruh pencemaran diterjen terhadap  gerak tutup insang

Alat dan Bahan          : 1. stoples

2. deterjen bubuk

3. ikan

4. air

Cara Kerja :

  1. Siapkan dua buah stoples, beri label A dan B.
  2. Isi dengan air sampai 2/3 bagian.
  3. Tambahkan ½ sendok teh deterjen ke dalam stoples B kemudian aduk sampai rata, sedangkan stoples A dibiarkan tanpa perlakuan.
  4. Masukkan satu ekor ikan yang sejenis dan berukuran sama ke stoples A dan B. Biarkan selama 5 menit.
  5. Hitunglah gerakan tutup insang ikan A dan B (secara Bersamaan) selama 5 menit, catat pada tabel pengamatan.

TABEL PENGAMATAN

Menit ke-

Ikan A

Ikan B

5

………..kali/menit

………..kali/menit

10

………..kali/menit

………..kali/menit

15

………..kali/menit

………..kali/menit

20

………..kali/menit

………..kali/menit

Rata-rata

Pertanyaan :

  1. Bandingkan rata-rata gerak tutup insang ikan A dan B, sama ataukah berbeda ? Mengapa demikian ?
  2. Buatlah grafik gerakan tutup insang pada stoples B .

  1. Dengan melihat kecenderungan grafik, apa yang akan terjadi jika deterjen terus di tambahkan ?
  2. Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan presentasikan di depan kelas.

TUGAS -1

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Perhatikan  lingkungan di sekitarmu  (di rumah atau di sekolah). Lakukan pengamatan terhadap makhluk hidup, pepohonan dan benda mati seperti batu, tanah dan air.

Catatlah ciri-ciri yang dimiliki makhluk hidup dan tidak dimiliki oleh benda mati.

Isi tabel pengamatan berikut ini :

No

Nama Objek

Gejala-gejala yang dimiliki

Informasi

Alasan

Makhluk hidup

Benda mati

1

Kucing

bergerak

+

_

Mengalami perpindahan bagian tubuh

2

3

4

5

6

7

8

9

10

TUGAS – 2

KLASIFIKASI BERTINGKAT

belalang                              laba-laba                            nyamuk                            kepiting

lipan                                       lalat                                  kupu-kupu

Amatilah gambar hewan di atas !

Susunlah klasifikasi bertingkat dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Identifikasi ciri-ciri yang dimiliki objek tersebut, misalnya tentang sayap, kaki, antenna dan tipe mulut.

2. Susun klasifikasi bertingkat.

Bersayap                                                                       ……………………………………………………

Tidak bersayap                                                             ……………………………………………………

Berkaki banyak, lebih dai 4 pasang                           …………………………………………………..

Berkaki kurang / sama dengan 4 pasang                  …………………………………………………..

Memiliki antenna                                                          …………………………………………………..

Tidak memiliki antenna                                                …………………………………………………..

Memiliki tipe mulu penghisap                                    …………………………………………………..

Memiliki tipe mulut pengunyah                 …………………………………………………..

3. Deskripsikan Ciri-ciri tiap objek berdasarkan kategori pengelompokkan yang kamu susun dan tuliskan ke dalam tabel.

No

Nama Organisme

Ciri-ciri yang dimiliki

1

2

3

4

5

6

7

TUGAS – 3

POLA INTERAKSI ORGANISME

1. Pelajarilah dengan seksama gambar di bawah ini kemudian isilah tabel yang tersedia berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar yang tersedia.

I II III IV

TABEL PENGAMATAN

No

Gambar

Jenis Makhluk Hidup

Sifat Interaksi

1

I

a.

b.

2

II

a.

b.

3

III

a.

b.

4

IV

a.

b.

2. Isilah tabel di bawah ini dengan memberi tanda cek (P) pada kolom yang sesuai.

Nama dan macam interaksi antar organisme

No

Nama organisme

Jenis makhluk hidup

Predasi

Simbiosis

Kompetisi

1

Kupu-kupu dan bunga

2

Tali putri dan beluntas

3

Anggrek dan paku

4

Rumput dan padi

5

Ikan hiu dan remora

6

Itik dan ayam

7

Katak dan nyamuk

8

Badak dan jalak

9

Ular dan elang

10

Kutu dan anjing

11

Kelinci dan ular

12

Kambing dan sapi

Pertanyaan :

  1. Gambar nomor berapakah yang menunjukkan kesamaan interaksi? Mengapa demikian ?
  2. Pasangan organisme apa sajakah yang melakukan kompetisi ? Sebutkan jenis kompetisinya !
  3. Pasangan organisme apa saja yang melakukan simbiosis ? Samakah simbiosis yang dilakukan oleh setiap pasangan makhluk hidup, jelaskan !
  4. Jelaskan perbedaan pokok antara simbiosis dan kompetisi !

5.   Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan presentasikan di depan kelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: